Puluhan KPPS Isolasi Positif Corona, Pemungutan Suara di TPS Tetap Bisa Dijalankan

Meski ada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara(KPPS) dalam pemilihan Bupati 2020 yang dinyatakan positif corona, namun KPUD Ponorogo tetap ngeyel tidak ada pergantian petugas KPPS, pasalnya berdasarkan aturan KPU, KPPS yang dinyatakan reaktif dan positif corona mereka harus menjalani isolasi mandiri. 


Munajat Ketua KPUD Ponorogo mengatakan Pemungutan suara tetap bisa jalan di TPS saat pemilihan Bupati 2020 meskipun jumlah anggota KPPS berkurang karena harus ada yang isolasi mandiri karena positif corona maupun reaktif corona, namun  untuk melakukan pemungutan suara syaratnya jumlah anggota KPPS minimal 6 orang anggota dari 7 anggota KPPS. Masih kata Munajat, saat  pelaksanaan tes kesehatan KPPS kemarin memang ada perjanjian jika KPPS hasil rapid test reaktif maka akan diserahkan ke Dinas Kesehatan PonorogO. 

Meski begitu pihaknya juga belum mendapatkan data pasti beberapa KPPS yang positif corona. Berdasarkan data yang dirilis dinas kesehatan Ponorogo ada puluhan petugas KPPS yang dinyatakan positif corona.