Operasi Zebra Semeru 2020 Siap Digelar

Usai menggelar Razia Stasioner, Polres Ponorogo kini menyiapkan Operasi Zebra Semeru 2020 dimana akan dimulai dari 26 Oktober hingga 8 November 2020. Kompol Basuki Nugroho, Kabag Ops Polres Ponorogo menyampaikan, meski dalam operasi ini lebih banyak dari unsur Kesatuan Lalu Lintas, namun juga melibatkan dari Intelkam dan Binmas.


Ada yang berbeda dari Operasi Zebra semeru ini dibanding operasi-operasi zebra yang lain. Bila sebelumnya, lebih menekankan ke penegakan hukum, tetapi kali ini penegakan hukumnya hanya sekitar 20 persen. Selebihnya, Operasi Zebra Semeru 2020 lebih menekankan ke upaya pencegahan dan pendekatan kepada masyarakat dengan bimbingan dan penyuluhan agar mematuhi aturan lalu lintas.

Pihaknya, Lanjut Kompol Basuki Nugroho, sudah mengantongi data di titik-titik mana saja yang terindikasi banyak pelanggaran lalu lintas. Sehingga petugas akan bisa langsung menuju ke titik-titik yang dipetakan tersebut. Contohnya jika ditemukan anak-anak yang belum cukup umur mengendarai kendaraan bermotor dalam satu lokasi maka akan dilakukan patroli ke sekolah-sekolah. Sekaligus melakukan himbauan, pembinaan, dan peringatan. Nantinya bila masih melanggar, seperti tidak mengenakan helm, atau mengemudikan kendaraan dibawah umur, maka akan dilakukan penegakan hukum.