Ustadz Yusuf Mansyur Ikut Antar Jenazah Almarhum KH. Abdullah Syukri Zarkasyi Ke Peristirahatan Terakhir

Ustadz Yusuf Mansyur bersama dengan ribuan santri dan masyarakat ikut mengantarkan kepergian KH Abdullah Syukri Zarkasyi pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor yang meninggal Rabu sore, 21/10/2020 sekitar jam 16.00 WIB. Suasana haru dan hikmat begitu terasa saat pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Ponorogo itu diantar ke tempat peristirahatannya yang terakhir. Sebelumnya, para pentakziah dan santri dipersilakan melakukan sholat jenazah di Masjid Jami’ PMDG Kamis, 22/10/2020 sekira jam 9 pagi.


KH Hasan Abdullah Sahal pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) saat menyampaikan sambutan, menyampaikan bersama dengan almarhum, dirinya sejak kecil sudah bermain sepak bola di bawah pohon asem, hingga menjadi pemain sepak bola. KH Abdullah Syukri Zarkasyi merupakan putera pertama dari KH Imam Zarkasyi. alah seorang dari tiga Pendiri PMDG. Ulama kharismatik itu meninggal pada usia 78 tahun. Asam manis perjuangan PMDG diakui KH Hasan Abdullah Sahal sudah dirasakan bersama almarhum hingga PMDG sebesar sekarang ini. Itu semua tidak lepas dari pertolongan Allah SWT. Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) yang  awalnya hanya seluas 1,6 hektar kini menjadi 1600 Hektar dengan total 33.323 santri. KH Hasan, sapaannya sambil menahan tangis mengungkapkan orang yang tahu kelamahan dan kelebihan dirinya adalah almarhum KH syukri begitu pula sebaliknya.

Sementara itu kesedihan juga dirasakan oleh salah satu ustadz terkenal, Ustadz Yusuf Mansur. Bahkan ustad Yusuf menyempatkan diri melayat ke Ponorogo. Selain ikut sholat jenazah, ustadz Yusuf juga ikut mengantarkan Kyai Syukri ke tempat peristirahatan terakhirnya. Ustad Yusuf mengatakan KH Syukri bukan cuma guru ataupun ustadz melainkan ayah bagi para santri yang sempat menuntut ilmu di PMDG. Ustadz Yusuf pun teringat bagaimana pesan Kyai Syukri kepada dirinya. Yakni jika ada santri yang lebih pintar dari Kyai-nya maka Kyai tersebut harus bangga sebab berhasil mendidik santri hingga berhasil.

Ustadz Yusuf pun menilai sosok Kyai Syukri sebagai sosok yang inspiratif. Pasalnya, selalu meledak-ledak saat berbicara soal impian dan cita-cita. Kyai Syukri juga pernah berpesan untuk selalu membaca Al-Qur’an. Sebab dari bacaan tersebut bisa menjelma menjadi malaikat yang akan menyenangkan dan membuat manusia tenang di alam kubur. Selain itu, Ponpes Gontor dibawah kepimpinan Kyai Syukri mampu berdiri sendiri secara ekonomi dan memberrdayakan ekonomi secara maksimal.