Rumah Sakit Umum Aisyiyah Akhirnya Meresmikan Pelayanan RT-PCR

Bekerja sama dengan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dan Komunitas Masyarakat Santri (Komas) Rumah Sakit Umum (RSU) ‘Aisyiyah akhirnya meresmikan pelayanan Real Time – Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di Aula RS lt 4 Selasa 20 Oktober. Hadir dalam peresmian tersebut Rektor Universitas Darussalam (Unida) Gontor Prof. Dr. KH Amal Fathullah Zarkasyi, MA, Ketua Komas Ustadz H. Muhammad Faiq Hafid, Direktur RSU Aisyiyah Ponorogo dr. Wegig Widjanarko, MMR, (Plt.) Bupati Ponorogo Dr. H. Soedjarno, MM, Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo, drg. Rahayu Kusdarini, M.Kes, bahkan  Plt Bupati Soejarno melakukan swab pertama kalinya untuk mencoba alat tersebut.


Wegig Wijanarko Direktur RS Aisyiyah tak lupa menyampaikan  terima kasih kepada Komunitas masyarakat komas  yang telah membantu dalam penyelenggaraan pelayanan PCR tersebut, pihaknya mempersiapkan semuanya cukup lama baik kebutuhan sarpras maupun SDM selama 2-3 bulan, menurutnya alat yang ada di RS Aisyiyah ini bisa mendiagnosa 45 spesimen dalam 1 shift per hari dan bisa ditingkatkan menjadi 90 spesimen dengan 2 shift kerja, pelayanan RT-PCR ini merupakan yang pertama di Eks Karesidenan Madiun.

Sementara itu PLt Bupati Soejarno mengungkapkan rasa syukur dan  terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam mewujudkan pelayanan PCR di Ponorogo, dengan adanya RT PCR di RS Aisyiyah maka akan lebih cepat hasil tesnya covid-19. Masih kata Soejarno dengan lokasi Ponorogo strategis tidak tertutup kemungkinan Pacitan, Trenggalek, Magetan akan mengirimkan spesimen hasil swab Ke RS Aisyiyah.