Diduga Digigit Nyamuk Sejumlah Ayam di Krebet Jambon Lumpuh

Sejumlah peternak ayam bangkok di Krebet Jambon resah. Ini setelah ayam miliknya ada yang tiba-tiba mati mendadak, ada juga yang lumpuh. Seperti disampaikan Broto, peternak ayam jago Desa Krebet, ada 4 ayam miliknya sejak 3 hari ini, lumpuh. 


Padahal sebelumnya, tidak ada gejala sakit sehingga membuatnya bingung. Namun dugaan kuat lumpuhnya 4 ayam tersebut, karena gigitan nyamuk.

Ini setelah diperiksa dibagian jengger dan cakar, terdapat bintik-bintik seperti digigit serangga. Memang sejak beberapa hari terakhir, banyak nyamuk di sekitar kandang. Tapi dirinya tidak berpikir akan mengganggu ayam-ayam miliknya. 

Untuk sementara dirinya membelikan obat bebas dari toko pakan ternak. Lebih lanjut dijelaskan jika kasus nyaris serupa juga dialami sejumlah peternak ayam di desanya, namun bukan lumpuh melainkan langsung mati mendadak. 

Dirinya berharap, Dinas Pertanian turun tangan untuk melihat dari dekat penyebab kematian ayam-ayam di Jambon. Sebab baru pertama ini, gigitan nyamuk bisa membuat ayam lumpuh.

Sementara Wikan Dedy Astuti, Kasi Keswan Kesmafet Bidan PKHP Dipertahankan saat dikonfirmasi Gema Surya, siap menurunkan tim ke lokasi untuk melakukan pengecekan. (rl)