2 SMP Negeri Tidak Mendapat Rekomendasi, Untuk Gelar Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Dua SMP Negeri di Ponorogo tidak mendapatkan ijin dari satgas covid-19 untuk bisa menggelar uji coba pembelajaran tatap muka yang rencananya akan dimulai minggu depan, 2 sekolah tersebut adalah SMPN 1 Jetis dan SMPN 1 Badegan.


Endang Retno wulandari kepala Dinas pendidikan mengatakan jika 2 sekolah yang tidak mendapatkan rekomendasi izin karena perkembangan kasus corona di dua Kecamatan tersebut cenderung meningkat, padahal rencananya kedua sekolah tersebut akan memulai menggelar uji coba pembelajaran tatap muka Senin depan bersama 6 sekolah lainnya yakni SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 1 Balong,  SMPN 1 Pulung, SMPN 1 Jenangan dan SMP terpadu. 

Lebih lanjut dikatakan pemilihan sekolah uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) SMP karena sekolah-sekolah tersebut dianggap paling siap, apalagi  setelah dilakukan verifikasi oleh satgas sarana dan prasarana yang ada di lingkungan sekolah tersebut mendukung untuk penerapan protokol kesehatan, hanya saja meski 2 sekolah tersebut siap namun melihat masih banyak kasus Corona di wilayah tersebut maka untuk rencana uji coba PTM harus ditunda dahulu, sementara 6 sekolah lainnya  bisa mulai melaksanakan Minggu depan.

Nantinya kata Retno siswa yang masuk hanya 25% saja karena Ponorogo masih zona orange dengan jam belajar pukul 08.00 sampai setengah 11 siang. Kendati begitu pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka tingkat SMP pelaksanaannya tidak serentak melainkan bertahap, uji coba PTM  diharapkan bisa memberi motivasi kepada murid agar semangat untuk belajar terus di tengah pandemi corona.