Tim Pemprov Jatim, Tinjau Persiapan Pemekaran Wilayah di Ponorogo

 


 

 

Usulan Pemekaran Kecamatan di Ponorogo, akhirnya ditindak lanjuti  Gubernur Jawa Timur. Selama dua hari terakhir, tim dari  Provinsi Jawa Timur terjun langsung untuk melakukan pengecekan terhadap  pemekaran wilayah tsb , yakni  Sumberejo sebagai calon kecamatan baru dan kota lama.

Jampin Marbun Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Timur menuturkan,  timnya  turun kelapangan melihat dari dekat untuk melihat kesiapan pemekaran tsb, baik secara administrasi  dan tinjau lapangan.  Apakah betul dua kecamatan itu memenuhi syarat dilakukan pemekaran. Hasil tinjau provinsi nantinya diteruskan ke Kemendagri untuk dimintai persetujuan.

Jika sudah persetujuan ditetapkan nanti kemudian usulan Pemkab Ponorogo untuk permohonan kepada Gubernur untuk dilakukan fasilitas perda pemekaran. Lebih lanjut dijelaskan, tanah desa  yang akan di jadikan kecamatan Sumberejo nanti peralihannya harus  sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Akan ada tukar guling tanah, antara pemerintah desa dan Pemkab.

Seperti diketahui dua kecamatan baru di Ponorogo yakni Sumberejo yang merupakan penggabungan sejumlah desa di 3 kecamatan Balong, Slahung dan Jambon. Sedangkan kota lama yakni Babadan, Ponorogo, Jenangan sekaligus Siman. (ren)