Harga Mahal, Peminat Blewah di Bulan Ramadhan Menurun

Blewah adalah satu buah yang banyak diminati saat bulan ramadhan karena dapat menjadi sajian minuman yang segar saat berbuka. Permintaanya di pasar biasanya turut meningkat. Namun ternyata di Ponorogo, ramadhan tahun ini peminat blewah justru menurun. Diduga penyebabnya adalah karena harganya yang tinggi. Dibandingkan dengan hari biasa kenaikanya hingga 20%. Sampai di tangan pembeli eceran, harga Blewah di Ponorogo ramadhan ini mencapai Rp. 11.000.


Menurut Andik pedagang blewah di Ponorogo, kenaikan harga blewah ini disebabkan oleh langkanya stok dari petani. Musim sebelumnya harga kulakan Blewah per kilo gram hanya di kisaran Rp. 3.000, di musim ini menjadi Rp. 5.000 ke atas. Ini berimbas pada minat pembeli yang menurun cukup signifikan. “Kalau dulu habis sekitar 5 ton per hari untuk ecaran, untuk tahun ini paling mentok 3 ton” kata Andik saat wawacara dengan Gema Surya FM.

Di sisi lain, Banyak yang mengatakn akhir-akhir ini kualitas blewah sendiri mengalami penurunan. Aromanya tidak begitu kuat, dan kesegaranya menurun tidak seperti dulu. Ini senada dengan beberapa keluhan pelanggan Andik saat hendak membeli blewah.

 

Andik menambahkan, stok  blewah yang masuk ke Ponorogo didatangkan dari daerah pelosok-pelosok Jombang dan sekitarnya. (hk)