Puskesmas Sambit Lockdown Setelah Merawat Pasien Covid-19

Enam Puskesmas di Ponorogo dikurangi jam pelayanan. Bahkan satu diantaranya yakni Puskesmas Sambit terpaksa di lockdown usai merawat satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19.


Rahayu Kusdarini, Kepala Dinas Kesehatan mengatakan, keenam Puskesmas tersebut yakni Puskesmas Sambit, Slahung, Nailan, Jetis, Bungkal, dan Jenangan. Untuk Puskesmas Sambit, karena beberapa waktu lalu merawat pasien yang ternyata terkonfirmasi positif Covid-19.

Irin mengungkapkan pada saat pasien tersebut dirawat inap di Puskesmas Sambit belum menampakkan gejala Covid-19. Sehingga beberapa petugas kesehatan berinteraksi dengan pasien. Meskipun petugas mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), tapi demi memastikan keamanan pihaknya sebagai nakes dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat maka Puskesmas Sambit ditutup mulai Rabu (6/1/21).

Menurutnya, tenaga yang terlibat di Puskesmas merupakan petugas yang terdiri dari tenaga jaringan, perawat Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), dan bidan desa. Sehingga apabila ada satu nakes yang terpapar Covid-19 maka seluruh petugas di Puskesmas harus diperiksa semua demi kenyamanan dan keamanan.

Total petugas Puskesmas Sambit yang dites swab berjumlah 48 orang.Saat ini belum ada satupun hasil tes swab keluar. Petugas kesehatan sebagai pemberi layanan kesehatan masyarakat harus yakin soal kesehatannya supaya semua aman. Pelayanan dialihkan ke Puskesmas Jetis dan Puskesmas Sawoo. (yd)