JelajahPolitik

2.909 Pantarlih Serentak Lakukan Coklit Hari Ini

Ribuan petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Ponorogo mulai melaksanakan kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak hari ini.

Target pemutakhiran adalah 771.168 data pemilih penduduk potensial pemilu (DP4) yang tersebar di 1.515 tempat pemungutan suara (TPS).

Gaguk Ika Prayitna, Komisioner KPU Kabupaten Ponorogo, mengatakan Coklit ditargetkan rampung pada tanggal 24 Juli, atau dalam 1 bulan. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemutakhiran data pemilih serentak di seluruh Provinsi Jawa Timur.

Setidaknya ada 2.909 Pantarlih di Pilkada 2024 yang telah dikerahkan untuk menjalankan tugas pemutakhiran data terhadap 758.688 Data Pemilih Penduduk Potensial Pemilu (DP4) yang tersebar di 1.515 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah Ponorogo.

Menurutnya, Pantarlih akan mendatangi rumah-rumah warga untuk mencocokkan data dan memastikan keakuratan informasi pemilih. Mereka juga memberikan penjelasan kepada warga mengenai pentingnya partisipasi dalam pemilu dan proses pemutakhiran data ini. (yd/rl/ab)