Jelajah

Pansel Sita Benda-benda Aneh yang Dibawa di Lokasi Tes PPPK

Panitia seleksi P3K sempat menyita beberapa benda aneh yang dibawa peserta sebelum memasuki area tes CAT di Asrama Haji Madiun.

Andi Susetyo Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ponorogo mengatakan, benda-benda yang dibawa peserta tersebut disebut-sebut sebagai jimat.

Hal itu membuatnya prihatin, lantaran menandakan tidak percaya diri atas kemampuannya. Namun begitu, para peserta tetap diperbolehkan masuk untuk ikut tes seleksi. Adapun benda aneh yang diketahui panitia saat dilakukan body checking disita sementara.

Dijelaskan benda itu ditemukan di dalam kain pengikat rambut pada salah satu peserta perempuan, satu lagi ditemukan di sepatu. Menurutnya bukan hanya panitia seleksi Ponorogo saja yang mendapati peserta seleksi PPPK membawa benda tersebut.

Sekedar informasi, Seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo tahun 2023 memasuki tahap uji kompetensi Computer Assisted Test (CAT).

Mayoritas peserta seleksi mengikuti tes tersebut di Asrama Haji Madiun. Data dari Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ponorogo, ada 1.818 peserta yang akan mengikuti CAT di Asrama Haji Madiun.

Sementara sisanya hingga mencapai 2.000 peserta melakukan tes menyebar di 20 titik lokasi (tilok) lainnya di wilayah Indonesia. (yd/rl/ab)