Jelang Tutup Tahun Masih Ada Ribuan KPM Belum Cairkan Bansos ke Kantor Pos

Sejumlah 2218 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) belum mengambil bantuan sosial yang disalurkan oleh Kantor Pos Ponorogo. Ribuan KPM tersebut memperoleh bantuan pangan non tunai (BPNT), BLT BBM dan PKH.


Kepala Dinas Sosial dan P3A, Supriadi mengatakan, pertanggal 15 Desember 2022 dari 99.892 KPM yang tersalurkan 97.674 KPM. Sehingga sisa 2218 KPM yang mengambil bantuan sosial dan mereka hanya bisa mengambil ke kantor pos terdekat, pasalnya layanan pengembalian di balai desa sudah dihentikan.

Sebenarnya, dikatalan, target penyaluran bansos pada pekan kedua Desember, namun terkendala KPM tidak di rumah, KPM disabilitas, sakit berat atau lanjut usia (lansia). Pihaknya meminta kepala desa untuk mendata KPM yang lansia, disabilitas dan sakit berat. Sehingga pihaknya dan kantor pos bisa menyalurkan bantuan sosial secara door to door.

Supriadi mengatakan akan terus berkoordinasi dengan pihak kantor pos terkait batas penyaluran bantuan sosial. Pasalnya bansos yang disalurkan berupa uang ini jika tidak tersalurkan akan kembali ke negara.