HeadlineJelajah

Harga Minyak Goreng Kemasan dan Curah Naik Tajam

Kenaikan harga minyak goreng akhir-akhir ini cukup menjadi perbincangan. Hal ini karena kenaikan bisa dibilang cukup signifikan. Didin salah satu pedagang sembako di Pasar Legi ternyata juga membenarkan informasi tersebut.

Menurutnya kenaikan harga ini mulai dirasakan sejak 4 hari terakhir. Sementara untuk kenaikan harga tergantung dari merk minyak, namun rata-rata seribu hingga dua ribu rupiah untuk kemasan 1 dan 2 liter. 

Masih kata Didin, kenaikan yang paling signifikan justru di minyak curah yakni berada di kisaran 17 per Kg, padahal normalnya Rp12 ribu. Sedangkan untuk kemasan 1 liter rata-rata kini berada di harga Rp17 ribu, sebelumnya Rp15 ribu per liter.

Untuk kemasan 2 liter kini diharga Rp32 ribu, sebelumnya Rp29 ribu. Meski naik tajam, menurut Didin daya beli konsumen juga tidak turun, bahkan bisa jadi naik. Hal itu karena stok di gudang terbatas tidak sepadan dengan kebutuhan, yang berujung langkanya barang.

Dirinya juga tidak tahu pasti penyebab kenaikan harga yang menurutnya paling tinggi di tahun 2021 ini. Hanya saja sempat mendengar memang untuk harga bahan baku yakni kelapa sawit harganya melonjak tajam. Sehingga bisa jadi juga berpengaruh pada harga setelah jadi minyak.

Padahal biasanya kenaikan paling sering terjadi di moment idul fitri dan akhir tahun. Namun ini masih di bulan Oktober sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan. (afy/ab)