Jelajah

Ratusan Anak Antusias Bongkar Celengan di Desa Sukosari Babadan

Ratusan anak di Desa Sukosari, Kecamatan Babadan, menunjukkan antusiasme tinggi pada hari Sabtu dan Minggu, 29-30 Juni. Momen yang dinanti-nantikan, yaitu membongkar celengan bersama-sama, akhirnya tiba. Anak-anak yang mayoritas berusia SD ini melakukan pembongkaran secara massal di posko Forum Desa Sukosari (FDS).

Sayid Asfari, Ketua Forum Desa Sukosari (FDS), mengatakan bahwa agenda pembongkaran celengan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan menjelang tahun ajaran baru. “Setidaknya ada 220 anak yang ikut dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Anak-anak usia SD dan TK ini telah menabung selama satu tahun diawal tahun ajaran baru. “Setiap anak jumlah tabungannya berbeda-beda,” tambah Sayid. Panitia tidak membatasi jenis uang yang akan dimasukkan ke dalam celengan yang terbuat dari pipa paralon setinggi sekitar 30 cm tersebut.

“Setiap anaknya isi celengan pasti berbeda, ada yang menghasilkan hingga 2 juta dalam setahun, bahkan hingga 8 juta,” ungkap Sayid.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran dan membudayakan menabung kepada anak-anak. “Agar nantinya mereka bisa membantu orang tuanya untuk memenuhi kebutuhan, minimal hasil menabung bisa digunakan untuk keperluan sekolah, seperti membeli peralatan dan kebutuhan lainnya,” tutup Sayid.