Jelajah

Viral, Wanita Padas Bungkal Menikah dengan Oppa Korea

Media sosial dihebohkan dengan video pernikahan seorang wanita asal Desa Padas Bungkal, Ponorogo, dengan pria asal Korea Selatan. Wanita tersebut, Lilis Yuliana, berhasil merebut hati Kim Yeong Cheoul. Keduanya melangsungkan pernikahan di kampung halaman Lilis pada Rabu, 19 Juni 2024 lalu.

Dalam upacara pernikahan yang mengusung adat Jawa, mempelai laki-laki, Kim Yeong Cheoul, mengenakan busana pengantin khas Jawa. Mempelai perempuan, Lilis Yuliana, memakai baju pengantin dengan warna senada. Tradisi Jawa seperti menginjak telur, menyiram kaki, hingga prosesi sakral lainnya turut dilalui keduanya.

Budi Setyawan, Sekdes Padas Bungkal, saat dikonfirmasi oleh Gema Surya, membenarkan bahwa ada warganya yang menikah dengan warga Korea.

“Warga kami, Lilis Yuliana, memang sudah lama bekerja di negeri ginseng tersebut. Namun, kami tidak mengetahui pasti apakah yang dinikahi Lilis adalah majikannya atau temannya,” ujarnya.

Budi menambahkan bahwa pernikahan warga desanya dengan warga negara asing bukan kali pertama terjadi. “Sudah banyak wanita di desa ini yang awalnya bekerja ke luar negeri, pulang ke Indonesia sembari membawa calon dari tempatnya bekerja kemudian menikah. Ada yang dari Taiwan, Jepang, hingga Italia. Setelah menikah, biasanya mempelai perempuan akan ikut suami dan diboyong ke negara asal,” jelas Budi.

Dalam prosesi ijab kabul, Lilis Yuliana bertindak sebagai penerjemah untuk mempelai laki-laki, sehingga tidak ada kesulitan dalam komunikasi. Pernikahan ini menambah daftar panjang pernikahan internasional yang terjadi di Desa Padas Bungkal.