Jelajah

Alat Berat Diturunkan untuk Bersihkan Dam Cokromenggalan dari Sampah Aram Bambu

Sampah berupa aram bambu di Dam Cokromenggalan akhirnya bisa dienyahkan. Ini terjadi setelah alat berat diturunkan untuk membersihkan tiga bonggol aram bambu tersebut sekaligus melakukan normalisasi sungai sejak Selasa sore kemarin.

Lurah Cokromenggalan, Ari Hermawan, mengatakan bahwa awalnya sampah di Dam Cokro dibersihkan secara manual melalui kerja bakti warga, namun tidak maksimal. Akhirnya pihaknya meminta bantuan kepada bupati untuk dapat dibantu dengan alat berat.

Selasa sore, alat berat datang dan dalam waktu singkat berhasil menyingkirkan tiga bonggolan bambu yang cukup besar. Air dam yang debitnya berkurang saat musim kemarau justru membantu alat berat dalam bekerja, namun tetap dibutuhkan waktu dua hingga tiga hari lagi untuk membersihkan dam tersebut dari sampah dan normalisasi.

Saat musim penghujan, alat berat tidak bisa turun ke lokasi karena berbahaya. Harapannya, dengan dibersihkannya sampah aram bambu, aliran air untuk irigasi petani menjadi lancar. Warga juga diminta untuk merawat sungai dengan selalu menjaga kebersihannya. (rl/ab)