Jelajah

Menjelang Idul Adha, Harga Kambing Kurban Cenderung Stabil

Menjelang Idul Adha 2024, harga kambing di pasaran dikeluhkan oleh sejumlah peternak. Jika biasanya menjelang Idul Adha harga cenderung naik, namun saat ini harganya masih stabil bahkan cenderung menurun jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Sebenarnya untuk harga kambing itu dibanding untuk komoditas yang lain itu masih biasa saja,” kata Maskur, salah satu peternak asal Carangrejo, Sampung dalam Jelajah Pagi RGS FM Senin (20/5).

Saat ini harga kambing kurban belum mengalami kenaikan, yakni berkisar antara tiga jutaan. Menurutnya, selama beberapa tahun terakhir ia menjalankan ternak kambing, dan jika mendekati musim kurban seperti sekarang, harganya selalu naik.

Meski begitu, ia mengatakan tetap akan menggeluti usaha ini, di mana selain menjual ke masyarakat, ia juga memberikan fasilitas berupa pemeliharaan.

“untuk pembelian bisa pesan dulu, atau di DP, cocok harganya, nanti ditunggu di rumah kambingnya datang,” terangnya. 

Kambing yang dibeli sekarang dapat diambil saat mendekati Idul Adha, sehingga pembeli tidak perlu susah untuk merawatnya. Segala risiko yang timbul akan ditanggung olehnya meski diakui sampai saat ini belum ada kejadian yang merugikan seperti kambing mati.

Ia berharap harga kambing segera membaik, sehingga bisa menjadi penyemangat bagi peternak sepertinya dalam menjalankan usaha. (ry/ab)