JelajahPolitik

Pelantikan PPK Pilkada 2024 Kabupaten Ponorogo, Wajah Lama Mendominasi

Setidaknya 70% panitia pemilihan Kecamatan (PPK) di pilkada 2024  merupakan wajah lama atau incumbent, setidaknya hak tersebut yang terlihat di pelantikan PPK Pilkada 2024 yang digelar di tambak kemangi Resort  Kamis (16/05/2024). 

Hal tersebut disampaikan Munajat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo, dimana dari 105 PPK yang memenuhi kriteria dan lolos seleksi beberapa waktu lalu, ada 73 orang merupakan incumbent yang pernah bertugas di pemilu 2024. 

“Alhamdulillah sesuai dengan tahapan di 21 Kecamatan, 5 orang setiap kecamatan, jadi 105 orang yang kita lantik pada pagi hari ini” terang munajat saat ditemui wartawan. 

Menurut Munajat , bukan tanpa alasan puluhan incumbent ini masih terpilih, pasalnya KPU Kabupaten Ponorogo mencari penyelenggara pemilu yang berpengalaman dan mempunyai integritas dalam melaksanakan tugas kepemiluan .

“Sekitar 70% untuk istilahnya Incumbent ataupun wajah-wajah lama, di pemilu 2024 kemarin, karena kami juga mempertimbangkan agar supaya perjalanan pilkada nanti bisa berjalan dengan baik” tambahnya. 

Ratusan PPK yang dilantik pada Kamis (16/05) akan bertugas selama 8 bulan dalam penyelenggaraan pilkada serentak 2024, pihaknya meminta maksimal seminggu ini sudah  terbentuk kesekretariatan, serta membantu KPU Kabupaten Ponorogo untuk seleksi PPS dalam waktu dekat. 

“Setelah ini mereka akan berkoordinasi dengan stakeholder masing-masing karena 7 hari setelah pelantikan ini, akan ada pembentukan sekretariat di PPK nanti, dan kegiatan-kegiatan yang lain, membantu kami di KPU terkait seleksi badan adhoc yaitu PPS” pungkasnya.