Jelajah

Long Weekend, Penumpang Damri Jalur Pariwisata Mengalami Peningkatan

Jalur DAMRI trayek pariwisata jalur Stasiun Madiun-pantai klayar dan Pacitan stasiun Tulungagung melewati JLS mengalami peningkatan selama libur Long Weekend mulai 9 hingga 12 Mei 2024. Di rute tersebut hampir semua armada yang digunakan full Seat. Hal tersebut disampaikan Sumaji Manager Damri Ponorogo Selasa 14 Mei 2024. Menurutnya dua rute tersebut menjadi rute Favorit yang paling banyak diminati masyarakat.

“Hampir di setiap pemberakatan, baik pemberangkatan pertama maupun kedua Full Seat angkutan pariwisatanya” terangnya kepada gema surya.

Menurut Sumaji ada 2 sesi dalam sehari untuk pemberangkatan di dua trayek tersebut, pertama dari Pool Damri Ponorogo berangkat jam 6 pagi dan 6 sore, sedangkan dari Pantai Klayar  jam 7 pagi dan jam 3 sore, kendaraan yang digunakan adalah microbus Hiace dengan jumlah 14 kursi. Ketersedian seat tempat duduk kata Sumaji, dapat dilihat melalui aplikasi DAMRI sehingga memudahkan masyarakat untuk mengetahui, apakah di hari tersebut masih ada kursi atau tidak. 

“Banyak yang tanya, kok di aplikasi rutenya tidak bisa dibuka, karena kalau sudah full otomatis aplikasi itu close, nggak bisa. Baru tanggal berikutnya itu baru nongol. Sisa berapa seat gitu” tambahnya. 

Trayek pariwisata masih menjadi trayek favorit yang paling banyak digunakan, bahkan katanya meskipun tidak long weekend di hari Jum’at, Sabtu hingga Senin selalu ramai. Disinggung mengenai rencana penambahan armada ia mengatakan ikut aturan pusat. 

“Karena ini kan kita sebagai penugasan, karena tarifnya bersubsidi semua regulasinya yang mengatur ada di pusat mbak, jadi untuk penambahan rute, jam, trayek titik keberangkatan, maupun penurunan kita juga harus menyesuaikan dari SK pusat dari kementerian” pungkasnya.