Jelajah

Menikmati Wisata Petik Jeruk Keprok di Singgahan Pulung

Libur panjang akhir pekan menjadi momen yang dinanti-nanti bagi banyak orang, terutama bagi keluarga yang ingin menikmati waktu bersama. Salah satu destinasi yang menjadi pilihan favorit di Ponorogo adalah kebun jeruk di Desa Singgahan Pulung. Wisata ini menawarkan jeruk pulung yang dipetik langsung dari pohon menjadikannya sebagai daya tarik utama.

Atin salah satunya pengunjung merasa senang dan puas dengan pengalamannya di kebun jeruk tersebut. Terlebih dirinya bersama rombongan bisa menikmati buah jeruk langsung dari pohonnya. Menurutnya rasa jeruk pulung enak segar dan manis, dengan sedikit rasa kecut yang pas di lidah.


Sementara itu salah satu petani Salason (65) mengatakan mencoba mengembangkan kembali jeruk pulung di lahan miliknya seluas 40 x 20 m. Setidaknya sudah ada 200 pohon Jeruk Keprok Pulung. Biasanya dirinya menjual kepada tengkulak dengan harga Rp 15.000/kg untuk yang kualitas biasa. Sedangkan kualitas super dibandrol harga Rp 25.000/kg. Menurutnya Jeruk Keprok Pulung sendiri termasuk tumbuhan yang langka dimana pada tahun 80 hingga 90 tanaman khas Kecamatan Pulung ini mulai mati akibat penyakit CVPD, sehingga hanya tinggal sedikit petani yang mempertahankanya.