Jelajah

Hanif Ardia Husna, Calon Jamaah Haji Termuda Asal Ponorogo Daftar Haji Usia 9 Tahun

Hanif Ardia Husna calon jemaah haji (CJH) asal bumi reog  menjadi jamaah haji termuda yang berumur 22 tahun. Warga kelurahan Kertosari Babadan ini mengaku dirinya didaftarkan haji oleh orang tuanya pada tahun 2011 lalu. Laki-Laki berperawakan tinggi besar ini mengatakan saat itu, masih kelas 3 jenjang sekolah dasar atau masih berumur 9 tahun. 

Hanif Ardia Husna kepada wartawan mengatakan keberangkatan haji tahun 2024 ini dilakukan bersama keluarganya yakni ada 5 orang. Terdiri dari 2 orang tuanya, dirinya dan 2 kakak laki-lakinya. keinginan pergi haji bersama keluarganya ini muncul setelah umroh di tahun 2011 dimana dirinya dan 4 keluarga lainnya juga melakukan ibadah umrah bersama ke Tanah Suci.

Karena ingin ke tanah suci lagi bersama keluarga orang tuanya maka  memutuskan untuk mendaftar keluarganya untuk ibadah haji. Mahasiswa semester 6 di Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini mengatakan sejak awal Januari 2024 dirinya mengambil cuti kuliah dari jurusan hukum selama 1 semester untuk persiapan haji, sedangkan untuk persiapan haji selain melakukan persiapan fisik dirinya juga melakukan persiapan mental.