Marak Kasus Kebakaran, Satpol PP Ingatkan Warga untuk Sering Memeriksa Dapur dan Colokan Listrik

Dalam beberapa hari terakhir, kasus kebakaran kembali meningkat, hal ini disikapi secara khusus oleh Satpol PP Pemkab Ponorogo.


Korps penegak Perda ini melakukan imbauan dan sosialisasi dalam berbagai kesempatan agar warga yang akan meninggalkan rumahnya benar-benar mengecek kompor di dapur dan juga colokan listrik.

Eko Edi Suprapto, Kepala Satpol PP dan Damkar, menyatakan bahwa pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Kominfo untuk membagikan imbauan tersebut melalui media sosial.

Kasus kebakaran umumnya disebabkan oleh korsleting listrik, sehingga Satpol PP akan bekerja sama dengan PLN untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Selain mengingatkan soal kebakaran, Satpol PP juga meminta warga untuk menitipkan rumah mereka yang kosong kepada tetangga sebelah atau RT setempat. Langkah ini juga bertujuan untuk mengantisipasi maraknya kasus pencurian saat rumah ditinggalkan oleh pemiliknya.

Sebagai contoh, dalam bulan Ramadhan ini, sudah terjadi dua kali kasus kebakaran, di antaranya rumah seorang lansia di Desa Polorejo, Jetis dan rumah beserta toko kelontong di Jalan Ir. H. Juanda. Kuat dugaan penyebab kebakaran adalah konsleting listrik. (rl/ab)