Maling Rumah Kosong Terus Mencari Mangsa di Ponorogo, Terbaru di Purbosuman dan Tambakbayan, Total Uang Belasan Juta Raib

Pencuri spesialis rumah kosong, nampaknya masih bergerilya di Ponorogo. Dua hari berturut-turut rumah warga di wilayah hukum Polsek Kota menjadi sasaran maling. Terbaru terjadi semalam, 27 Maret 2023 di Jl Astrokoro Tambakbayan dan sebelumnya terjadi di Purbosuman. Saat beraksi, maling selalu mengincar uang tunai dan melakukan aksinya saat kondisi rumah sedang kosong.


Kapolsek Kota, Iptu Mustofa Sahid menceritakan, untuk kasus di Tambakbayan menyasar rumah kosong milik A. Saat itu rumah korban sedang kosong lantaran ditinggal jualan ayam goreng. Menurut korban, pencurian kali ini maling hanya berhasil menggondol uang puluhan ribu saja lantaran sudah belajar dari kasus sebelumnya. Tepat seminggu yang lalu, korban A sudah pernah kemalingan dengan modus yang sama dan berhasil mencuri uang Rp 6 juta tapi memang tidak dilaporkan polisi. Rupanya, maling ketagihan ingin mengulangi keberhasilan kala itu. Sayangnya, pencurian kedua tidak berbuah manis.

Sementara itu malam sebelumnya, lanjut Kapolsek di wilayah Purbosuman, maling menyasar rumah E yang saat itu kosong lantaran ditinggal tarawih. Modus si maling hampir sama, yakni masuk dengan cara mencongkel pintu lalu mencari uang tunai di kamar. Dalam kasus ini ada satu kamar yang terkunci dan gagal dicongkel, namun berhasil mencongkel kamar lain. Sehingga uang tunai sejumlah Rp 5 juta pun raib. Kebetulan kamar tersebut kondisinya tidak terkunci sehingga maling dengan mudahnya melancarkan kejahatanya.

Maraknya kasus pencurian akhir-akhir ini diharapkan menjadi pelajaran dan kewaspadaan seluruh warga masyarakat. Pihaknya menghimbau saat kondisi rumah kosong pastikan kamar sudah terkunci dengan baik dan tidak menyimpan uang tunai terlalu banyak dirumah. Selain itu pihaknya juga mengintensifkan pengamanan dengan meminta para babin untuk intens berpatroli di wilayahnya masing-masing.