PMK Dilaporkan Kembali Serang Ternak Sapi Perah di Krisik Pudak, Ditandai Mulut Keluarkan Busa

Penyakit mulut dan kuku (PMK) belum benar-benar hilang dari bumi reog. Bukti nyata adalah penyakit yang disebabkan virus itu dilaporkan kembali menyerang ternak sapi yang ada di Desa Krisik Pudak, Ponorogo.


Hanya saja, serangannya tidak sampai mematikan lantaran hampir semua sapi perah di wilayah Pudak sudah divaksinasi PMK. Erwan Santoso, Kepala Desa Krisik Pudak, mengatakan bahwa sapi milik peternak tiba-tiba mengeluarkan busa di mulutnya.

Setelah diteliti, tanda-tanda tersebut mirip dengan serangan PMK beberapa waktu lalu. Namun, kali ini tidak disertai dengan mulut melepuh maupun suhu tinggi pada tubuh sapi, hal itu karena sistem ketahanan tubuh sudah bagus berkat vaksinasi.

Satu ekor sapi bisa mendapatkan 4 kali vaksinasi PMK, bahkan rencananya 6 bulan sekali akan divaksin, yang dilakukan peternak agar sapinya tetap sehat dan segera pulih dengan pemberian vitamin dan menjaga kebersihan kandang.

Yang dikhawatirkan adalah kedatangan sapi luar daerah yang belum jelas apakah sudah ter-vaksinasi atau belum. Semenjak serangan PMK, produksi susu sapi perah Pudak menurun. (rl/ab)