Panen Raya, Harga Jagung dan Kacang Tanah di Ngilo-Ngilo Slahung Anjlok

Para petani di Desa Ngilo Ngilo, Kecamatan Slahung, gagal mendapatkan untung besar karena harga jagung di pasaran tidak sesuai harapan saat panen kali ini.


Sebelumnya, harga jagung cukup tinggi sekitar Rp 8.000 per kilogram. Namun, harga jagung saat panen kali ini hanya mencapai sekitar Rp 4.700 rupiah per kilogramnya, menyebabkan kekecewaan di kalangan petani.

Edi, salah satu petani di Desa Ngilo Ngilo, mengaku tidak tahu pasti penyebab turunnya harga jagung. Padahal kualitas jagung yang dihasilkan tetap bagus, dan kemungkinan besar, penurunan harga disebabkan oleh melimpahnya stok jagung di pasaran. Padahal masih ada beberapa petani yang belum panen dan ketar ketir harganya akan semakin terperosok

Tak hanya jagung, tanaman palawija lainnya juga terkena dampak. Harga kacang tanah, yang pada saat mahal dapat mencapai Rp 11.000 per kilogram, kini hanya dihargai Rp 7.500 per kilogram.

Meskipun kecewa dengan jatuhnya harga jagung dan palawija lainnya, para petani tidak trauma dan di musim tanam nanti sebagian lahannya tetap ditanami palawija