HeadlineJelajah

DPRD Desak Bupati Kaji Ulang Kebijakan One Way, Senin Ini Panggil Dinas Perhubungan

Wakil rakyat akhirnya bereaksi terhadap keluhan warga yang menolak kebijakan one way di Ponorogo. Senin, 26 Februari 2024, telah diagendakan memanggil dinas perhubungan dan instansi terkait, tentang uji coba jalan satu arah yang diterapkan di beberapa ruas jalan di kota reog.

DPRD mendesak Bupati mengkaji ulang kebijakan tersebut dan melakukan riset melalui kajian akademis apakah one way di sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan tersebut sudah waktunya diterapkan. Sunarto, ketua DPRD Ponorogo mengatakan, pihaknya sudah mendengar ada perdebatan yang dipaksakan sebelum uji coba tersebut dijalankan.

Pihaknya kala itu hanya sebatas wait and see, tapi belum sebulan berjalan, muncul penolakan di sana-sini. Hal itu terbukti dari derasnya pengaduan yang masuk ke dewan baik datang langsung ke kantor, melalui wa maupun medsos lainnya. Intinya minta pembatalan kebijakan one way dan dikembalikan lagi seperti semula yakni 2 arah.

Sebagai wakil rakyat dirinya juga tidak tinggal diam, langsung melakukan sidak di beberapa tempat usaha. Hasilnya memang omset para pedagang menurun drastis khususnya yang ada di jalan Hos Cokroaminoto. 

Belum lagi laju kendaraan yang melintas di jalan yang dilakukan uji coba one way semakin kencang dan aktivitas warga terganggu. Dengan kondisi tersebut, pihaknya menyimpulkan kebijakan one way belum saatnya diberlakukan di Ponorogo.