HeadlineJelajah

2 Petugas KPPS dan 1 Petugas PPS Dirawat di RSU dr Harjono, 2 Diantaranya Karena Gangguan Pencernaan

3 penyelenggara pemilu 2024 di tingkat Desa harus di rawat di Rumah Sakit Umum dr Harjono dan Puskesmas Ngrayun pasca pemungutan dan penghitungan suara selesai. 3 penyelenggara pemilu itu terdiri dari 2 orang dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yakni KPPS dari Desa Grogol Kecamatan Sawoo dan Desa Gajah, Kecamatan Sambit. Sedangkan untuk 1 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Jabung Kecamatan Mlarak.

Munajat Ketua KPU Ponorogo mengatakan, jika 3 orang tersebut terdiri dari 2 orang KPPS dan 1 orang PPS,  atas nama Novi Nur Islami 26 tahun KPPS TPS 2, Desa Grogol Kecamatan Sawoo dan Fifi Lailatul Amanah 22 tahun KPPS TPS 10, Desa Gajah Kecamatan Sambit. Sedangkan satu orang PPS yakni Walid Yuli Amrullah 29 Tahun Desa Jabung Kecamatan Mlarak. Mereka masuk rumah sakit sejak kamis siang dan malam. Menurutnya, 2 orang di rawat di RSUD Harjono dan juga dirawat di Puskesmas Ngrayun.

Munajat menyebut belum mengetahui secara pasti kenapa para penyelenggara tersebut jatuh sakit. Padahal, menurut Munajat sebelum dilantik mereka yang terlibat sudah melakukan skrining kesehatan bekerjasama dengan BPJS kesehatan terlebih dahulu. Pihak KPU sebenarnya sudah memberikan anggaran untuk pembelian vitamin untuk meningkatkan daya tubuh. Selain itu sejumlah antisipasi juga dilakukan sebelum para penyelenggara tersebut dilantik.

Sementara itu, drg Henny Lestari Wadir Pelayanan Rumah Sakit dr Harjono mengatakan, 2 penyelenggara pemilu 2024 di Tingkat Desa yang dirawat sejak kemarin 15 Februari 2024 didiagnosa mengalami gangguan pencernaan. Saat masuk rumah sakit kemarin, keduanya sempat dipasangi respirator atau alat bantu pernapasan. Pasalnya gangguan pencernaan tersebut juga diikuti oleh sesak nafas. Hanya saja, jumat pagi alat pernapasan sudah di copot. Menurutnya gangguan pencernaan disebabkan karena telat makan atau bisa karena sudah mempunyai riwayat gangguan pencernaan sebelumnya.

Lanjut drg Henny, saat pertama kedua pasien tersebut masuk kondisi pasien demam, lemas dan gangguan pencernaan. Sehingga di infus dan di bantu alat pernapasan. Namun setelah dirawat tim tenaga kesehatan kondisinya semakin membaik. Diperkirakan keduanya akan pulang ke rumah pada esok hari. Pasien pun juga sudah ikut program BPJS Kesehatan.

Sekedar informasi pasien yang dirawat inap RSDH atas nama Novi Nur Islami 26 tahun KPPS TPS 2, Desa Grogol Kecamatan Sawoo dan PPS atas nama Wakhid, Yuli Amrullah 29 tahun Desa Jabung Kecamatan Mlarak.