Jelajah

Hujan, Petani Cabe Diminta Waspadai Patek

Musim penghujan, para petani cabe di Ponorogo diminta mewaspadai serangan  “ patek”. Dalam dunia pertanian, patek disebabkan oleh jamur Colletotricumcapsica yang bisa menyerang seluruh tanaman dari daun, ranting dan buah. 

Jika sudah terserang, dipastikan produktivitas tanaman terhambat dan ujungnya produksi buah berkurang. Suwarni, Koordinator Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan ( POPT ) dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan – Dipertahankan mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan adanya serangan patek pada tanaman cabe di Ponorogo.

Hanya saja dengan melihat musim seperti sekarang yang memiliki kelembapan tinggi, potensi adanya serangan jamur pada tanaman lombok sangat besar. Biasanya ketika lombok sudah ada titik hitam pada buahnya, kemungkinan sudah ada serangan jamur.

Pemupukan sesuai, baik jenis, takaran dan fase pertumbuhan tanaman sangat dianjurkan untuk menanggulangi jamur. Terlalu berlebih memberikan pupuk berkadar Nitrogen tinggi akan menyebabkan tanaman dan buah cabe rawan terhadap penyakit patek.

Pemberian pupuk dengan kandungan K dan Kalsium akan memperkuat buah dan daun. Selain itu petani diminta sering membersihkan gulma, dan pengaturan drainase yang baik.