Jelajah

Masih Labil, Material Longsor di Dukuh Gondangsari Banaran, Sengaja Belum Dibersihkan

Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Ponorogo sengaja belum mengevakuasi material longsor yang sempat menutup akses jalan antar RT, di Dukuh Gondangsari Desa Banaran Pulung. Selain tanah masih labil, hujan yang setiap hari turun di wilayah tersebut juga berpotensi menimbulkan longsor susulan, apalagi muncul beberapa retakan di lokasi.

Seperti disampaikan Agung Prasetyo Kabid kedaruratan dan logistik BPBD , hasil koordinasi dengan Pemerintah Desa Banaran serta muspika setempat , lebih baik menunggu kondisi tanah stabil.

“Dukuh gondangsari desa banaran, sampai kemarin itu disampaikan belum bisa dilakukan kerja baktikan, material longsor masih di jalan antar RT itu karena kita menunggu kondisi tanah kembali stabil mbak” terangnya kepada gema surya Selasa (23/01)

Meski material longsor menutup jalan kata Agung, berdasarkan cek dilapangan, jalan tersebut masih bisa dilewati pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Bagi roda dua kata Agung, bisa memilih jalur alternatif yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi.

“Di Jalan tersebut juga tidak terganggu, dan masih bisa dilewati pejalan kaki dan roda dua, sedangkan roda empat itu ada akses yang lain” imbuhnya.

Dijelaskan longsor di Dukuh Gondangsari, Desa Banaran, Pulung, terjadi pada Ahad 7 Januari 2024. Tidak ada korban jiwa maupun materiel dalam kejadian tersebut, hanya saja beberapa rumah yang ada di sekitar lokasi, memang penghuninya harus waspada dan hati-hati, jika hujan deras mengguyur dengan durasi waktu lama warga diminta untuk mengungsi.