Warga Mancaan Paju Resah, Bau Seperti Kotoran Manusia Muncul Dari Lahan Tebu

Sejumlah warga di lingkungan Mancaan kelurahan Paju, beberapa hari terakhir mengeluhkan bau tak sedap seperti kotoran manusia. Bahkan saking menyengatnya, warga harus memakai masker ketika berada di dalam rumah.


Kuat dugaan, aroma busuk itu berasal dari lahan tebu di wilayah tersebut pasca disemprot menggunakan pupuk cair. Seperti disampaikan Dwi, warga setempat, sejak ada truk tangki seperti sedot WC mengairi lahan tebu depan rumahnya bau tak sedap muncul.

Bau tersebut juga menyebabkan mual, pusing dan muntah jika warga berlama-lama di depan rumah. Tetangganya yang masih balita, juga terus muntah diperkirakan tidak kuat dengan bau yang mirip tinja tersebut. 

Dijelaskan lahan tebu yang ada di depan rumahnya itu, baru saja tanam. Keberadaannya mengganggu warga sekitar, lantaran saat pasca panen pun juga terjadi pencemaran udara ketika ladangnya dibakar. Karenanya berharap pihak terkait dalam hal ini dinas lingkungan hidup turun tangan. Sejauh ini warga tidak mengetahui lahan tebu tersebut milik siapa.