HeadlineJelajah

Ratusan Surat Suara DPRD Kabupaten Rusak

500 an surat suara untuk pemilihan DPRD Kabupaten di pemilu 2024 mengalami kerusakan. Hal ini diketahui setelah dilakukan sortir dan pelipatan yang dilakukan oleh petugas sejak Rabu kemarin. Munajat Ketua KPUD Ponorogo mengakui memang ada ratusan surat suara pemilihan DPRD Kabupaten mengalami kerusakan. Misalnya kerusakan yang dialami yakni surat suara sobek, surat suara melebihi ukuran yang ditetapkan serta warna yang luntur.

Surat suara yang rusak tersebut akan dikumpulkan hingga sortir dan pelipatan 5 jenis surat suara selesai dan nantinya akan dilaporkan ke KPU RI serta ke percetakan. Setelah itu akan dimusnahkan. Mulai dari Rabu hingga Kamis siang kemarin untuk dapil 1 Ponorogo Surat suara DPRD Kabupaten Ponorogo telah menyelesaikan sortir dan pelipatan. Menurutnya 1 dapil membutuhkan waktu 1,5 hari. Diklaim waktu tersebut akan lebih cepat karena petugas lebih berpengalaman.

Sekedar informasi 1.550.420 surat suara untuk pemilu 2024 mulai datang ke KPUD Ponorogo sejak Rabu dini hari. Jutaan surat suara yang datang tersebut yakni surat suara untuk DPRD Kabupaten dan Surat Suara DPD.