Aliran Sungai Gendol di Desa Jabung Mlarak Tertutup Enceng Gondok

Aliran Sungai Gendol di Desa Jabung Mlarak tertutup eceng gondok sepanjang 50 meter, sejak kamis sore kemarin. Eceng gondok tersebut  menumpuk di bawah jembatan Dam. Iptu Budioyo Wakapolsek Mlarak  memperkirakan kemungkinan eceng gondok tersebut dari sungai hulu yang ikut hanyut. Pasalnya daerah pulung kemarin sore juga hujan deras. Sehingga eceng gondok menumpuk jadi satu di bawah sungai jembatan Gendol.


Warga sekitar dan pihaknya tidak berbuat banyak untuk melakukan pembersihan secara manual eceng gondok tersebut karena dinilai  membahayakan. Ketebalan hamparan enceng gondok itu mencapai 2 meter. Pihaknya berharap bantuan alat berat dari instansi terkait segera datang. Karena jika tidak segera dibersihkan maka akan berpotensi mengakibatkan banjir yang menerjang wilayah Jabung dan sekitarnya. Kejadian menumpuknya eceng gondok diperkirakan baru pertama kali.

Sementara Agung Prasetyo, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo mengaku pihaknya siap melakukan evakuasi enceng gondok dengan luasan 120 meter diatas permukaan air dengan menggunakan alat berat. Tidak diketahui pasti asal muasal sampah enceng gondok yang tiba tiba sudah menghampar di aliran sungai gendol.