Jelajah

Surat Suara Masuk ke Gudang Logistik Pemilu, Serap Ratusan Tenaga Sortir Dan Pelipatan

Jutaan surat suara pemilu 2024  yang telah masuk ke Gudang logistik KPU Babadan membawa berkah tersendiri bagi warga sekitar karena mereka dilibatkan untuk menjadi petugas sortir dan pelipatan, sehingga bisa sebagai pengisi waktu atau sebagai tambahan penghasilan.

Seperti yang disampaikan Dian restu warga Desa Babadan saat ditemui wartawan di lokasi pada Kamis (04/01) yang mengaku bisa mendapat penghasilan tambahan dari kegiatan ini, wanita yang sehari-hari juga bekerja sebagai perias pengantin ini mengaku bukan kali pertama dia melakukan pekerjaan tersebut, namun pemilu sebelumnya juga demikian. Dalam sehari ia dan rombongan menargetkan dapat melipat seribu kotak suara, Ia sengaja mengambil pekerjaan ini mengingat pekerjaan utamanya sebagai perias saat ini sepi.

Sementara itu Mirza Farhana (18) Mahasiswa jurusan Administrasi Negara Universitas Negeri Surabaya (UNESA) juga ikut menjadi bagian dari rombongan pelipat surat suara. Ia mengaku ikut orang tuanya menjadi petugas sortir lipat untuk mengisi waktu liburan kuliahnya. Meski baru kali pertama, namun dia mengaku tidak ada kesulitan dalam melakoni pekerjaan tersebut. 

Mirza mengatakan setiap Surat suara ia dibayar Rp280 oleh KPU, meski bukan jumlah yang besar namun upah tersebut bisa membantu membayar biaya kuliahnya mendatang serta tambah-tambah uang saku.