Jelajah

Siaga Bencana Hidrometeorologi Basah, 3 Pohon Roboh dan Tanah Longsor di Sejumlah Titik

Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur beberapa wilayah di Ponorogo, Rabu (3/1) siang kemarin, menyebabkan tanah longsor dan pohon tumbang di sejumlah titik.

Data dari BPBD, ada 2 pohon tumbang tersebut ada di Jalan Raya Ponorogo – Solo tepatnya Desa Blembem Jambon, yakni jenis akasia dan asem sempat menutup badan jalan.

Titik lainnya di desa Sampung, ada pohon jati tumbang menimpa jaringan kabel PLN dan Telkom. Adapun tanah longsor terjadi di Dukuh Munggur, Desa Munggung, Pulung.

Agung Prasetyo, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo mengatakan, pasca mendapat laporan pihaknya langsung melakukan evakuasi pohon tumbang di beberapa titik tersebut, agar lalu lintas kembali  lancar.

Dijelaskan, pasca dicabutnya status siaga bencana hidrometeorologi kering, pihaknya menerapkan siaga bencana hidrometeorologi basah. Bencana yang terjadi akibat hidrometeorologi basah antara lain, angin kencang, banjir, dan tanah longsor.

Karenanya seluruh elemen diharapkan dapat bekerja sama dalam mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi. (rl/ab)