Jelajah

Libur Nataru Penumpang Travel Didominasi Anak Kulihan dan Pekerja yang Mudik

Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, penumpang travel didominasi oleh para pekerja dan anak kuliah yang memanfaatkan momen ini untuk mudik atau pulang kampung. Dwinda Efendi, pemilik usaha Star Travel, mengungkapkan, rata-rata penumpangnya berasal dari Yogyakarta dan Malang yang pulang ke Ponorogo.

Diperkirakan bahwa usaha travel akan mengalami peningkatan pada awal Januari nanti, seiring dengan berakhirnya libur dan terjadinya arus balik. Meskipun demikian, Star Travel memutuskan untuk tetap mempertahankan tarif normalnya, tanpa kenaikan harga khusus untuk musim liburan.

Dwinda Efendi menekankan bahwa kebijakan ini diambil agar masyarakat tetap dapat menikmati perjalanan dengan biaya yang terjangkau. Meski begitu, ada perubahan kecil yang harus diperhatikan oleh pelanggan. Untuk memilih kursi, pelanggan direkomendasikan melakukan pemesanan minimal 3 hari sebelum keberangkatan. Bagi yang memesan mendadak, mereka harus bersiap-siap duduk di kursi tengah atau belakang.

Dibandingkan dengan tahun lalu, terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah penumpang selama liburan Nataru tahun ini. Hal ini menunjukkan adanya indikasi pemulihan ekonomi dan keluar dari masa-masa sulit pandemi COVID-19.