Jelajah

Polres Targetkan Zero Knalpot Brong pada Malam Pergantian Tahun

Menjelang malam pergantian tahun baru, Polres Ponorogo berencana untuk mengintensifkan operasi gabungan guna mengantisipasi konvoi kendaraan bermesin dengan knalpot brong. Upaya ini dilakukan untuk menciptakan suasana malam tahun baru yang aman dan tertib di jalan raya.

AKP Jumianto Nugroho, Kasatlantas Polres Ponorogo, menyatakan bahwa pihaknya memiliki target untuk menjadikan Ponorogo bebas dari konvoi knalpot brong pada malam tahun baru. Rangkaian razia kendaraan akan dilaksanakan setiap malam menjelang tahun baru untuk menegakkan aturan dan kedisiplinan di jalan raya.

Dikatakan, motor pelanggar yang melintas di jalan raya hingga terparkir tepi jalan akan diangkut dan ditahan oleh petugas. Menurutnya langkah ini diambil sebagai respons terhadap potensi gangguan ketertiban umum yang dapat terjadi akibat konvoi knalpot brong.

Selain itu, dalam rangka libur momen natal dan tahun baru (nataru), Satlantas Polres Ponorogo juga melakukan antisipasi terhadap gangguan lalu lintas secara keseluruhan. Mulai dari pemasangan rambu-rambu, rotator, water barrier, hingga pengalihan arus di kondisi tertentu menjadi bagian dari upaya untuk memastikan kelancaran lalu lintas.

AKP Jumianto Nugroho juga menyoroti potensi gangguan lalu lintas akibat bencana alam, seperti longsor di jalan-jalan penghubung Ponorogo dengan kabupaten tetangga. Sebagai contoh, di desa Wates, Slahung (jalan Ponorogo-Pacitan), masih terdapat bekas longsoran yang belum diaspal

Selain itu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati terhadap blankspot di beberapa titik, seperti di jalan Ponorogo-Madiun kilometer 5-6. Meskipun jalan lebar dan lurus, para pengguna jalan diharapkan untuk mengurangi kecepatan guna menghindari potensi kecelakaan.