Jelajah

Pemilu 2024, KPUD Ponorogo Siapkan 16 TPS Khusus

Setidaknya 16 Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus dalam pemilu 2024 disiapkan KPUD Ponorogo. TPS khusus tersebut digunakan untuk memfasilitasi pemilih yang tidak bisa memilih di domisilinya saat hari pemungutan, suara karena berada di tempat lain.

Munajat Ketua KPU Kabupaten Ponorogo mengatakan, sebanyak 16 TPS khusus tersebut tersebar di 15 pondok pesantren dan 1 rumah tahanan (rutan) kelas IIB. Pihaknya sudah melakukan koordinasi terhadap pengurus di lokasi tersebut.

Munajat mengungkapkan, 15 TPS khusus untuk pondok pesantren tersebut diantaranya, 7 di Gontor pusat, 4 Universitas Darussalam, 1 Gontor II, 1 Ponpes Al Mawaddah, 1 Ponpes Al Iman dan 1 di Ponpes Ar Risalah.

Kendati berstatus TPS khusus, namun secara keseluruhan hampir sama dengan TPS umum lainnya. Termasuk jumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang juga berjumlah 7 orang, yakni 1 orang ketua dan 6 lainnya anggota.

Nantinya KPPS juga diambil dari warga sekitar, serta ada dua orang yang merupakan pegawai disitu seperti di rutan, tujuannya biar mempermudah karena sudah tahu kondisinya seperti apa.

Sekedar informasi, pada Pemilu 2024 mendatang total ada 2.893 TPS di seluruh Kabupaten Ponorogo. (yd/rl/ab)