HeadlineJelajah

Bakar Bekas Kebun Jagung, Warga Sukorejo Dilarikan ke Rumah Sakit

Niatnya membakar lahan bekas tanaman jagung, justru dilarikan kerumah sakit. Nasib malang itu menimpa Tumper warga Desa Karanglo Lor Sukorejo Ponorogo. Lelaki 60 tahun itu jatuh pingsan lantaran sesak nafas setelah kebakaran api di lahan bekas tanaman jagung meluas hingga merembet ke rerumpunan bambu. Beruntungnya ada warga yang segera menolong sehingga nyawanya bisa terselamatkan.

Kepala Desa Karanglo Lor Sukorejo, Samuri mengatakan, sudah menjadi kebiasaan petani jika membakar lahan bekas tanaman jagung untuk segera ditanami lagi dengan tanaman padi. Sebenarnya sudah diingatkan agar hal itu tidak dilakukan di musim panas seperti sekarang, namun karena ingin cepat selesai dan lahan bisa subur kembali pasca dibakar, maka tanpa bantuan orang lain melakukan pembakaran eks lahan jagung. Mungkin juga karena panik api tidak bisa dikendalikan sehingga akhirnya sesak nafas dan tak sadarkan diri.

Warga yang mengetahui selain menolong korban juga memanggil pemadam kebakaran. 2 unit mobil PMK yang turun ke lokasi dan berhasil melokalisir api.