Jelajah

Bawaslu Ponorogo Gandeng Komunitas Disabilitas Untuk Melakukan Pengawasan

Empat komunitas disabilitas di Kabupaten Ponorogo digandeng Bawaslu Ponorogo untuk mewujudkan Pemilu serentak tahun 2024 berlangsung dengan aman, dan damai, serta pemilu yang memberikan akses yang mudah bagi penyandang disabilitas.

Seperti disampaikan Bahrun Mustofa ketua Bawaslu Ponorogo, kolaborasi dengan elemen masyarakat ini merupakan faktor penting dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu sehingga Bawaslu Ponorogo mempunyai komitmen yang tinggi dalam membangun sinergitas dengan seluruh elemen. 

“Kita mengadakan acara itu karena hak pilih itu bukan saja untuk orang-orang yang non disabilitas, tapi kita juga memberikan hak dan informasi bawa orang yang punya disabilitas itu juga punya hak untuk memilih” terangnya kepada gemas surya Sabtu (18/11).

Dengan kolaborasi ini pihaknya berharap dapat semakin masif dalam pengembangan semangat pengawasan partisipatif serta pencegahan dalam pelanggaran-pelanggaran Pemilu. Bahrun menjelaskan Pemilu merupakan wujud dari kedaulatan rakyat seluruh warga Negara yang memenuhi syarat mempunyai hak yang sama dalam penyelenggaraan besar Negara ini, baik untuk memilih maupun dipilih, tidak terkecuali para penyandang disabilitas.