Jelajah

Keluarga Resiko Stunting di Ponorogo Mendapat Bantuan Ayam dan Telur

Ribuan keluarga risiko stunting mendapat bantuan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) berupa ayam dan telur. Bantuan tersebut didistribusikan serentak melalui Kantor Pos.

“Hari ini (Senin, 30 Oktober 2023) memang ada distribusi dari Badan Pangan Nasional khususnya keluarga yang berstatus stuntin. Hari ini total yang menerima ada 6.159,” kata Henry Indrawardana, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kab. Ponorogo. 

Henry menjelaskan, jika pihaknya hanya sebatas memberikan data dan menyalurkan. Seluruh keperluan bantuan dicukupi dari pusat. Bantuan tersebut sudah ke 5 kalinya sepanjang tahun 2023 ini.

Sementara itu, untuk mereka yang berhak menerima adalah keluarga di Ponorogo yang berisiko stunting berdasarkan data tahun 2021. Sedangkan yang menentukan by name by address-nya adalah kebijakan pusat.

Tahun 2023 ini, ada 6.159 penerima bantuan yang diwujudkan dalam bentuk barang yakni satu ekor ayam karkas dan 10 butir telur ayam. Dari jumlah tersebut jika memang ada yang tidak layak untuk menerima misal sudah meninggal, bisa digantikan penerimanya sesuai dengan kebijakan kepala desa/kelurahan. (afy/ab)