Jelajah

Bupati tak Ingin Buru-buru Tentukan 4 Nama Kepala OPD Hasil Lelang

Tiga nama terbaik dari masing-masing pengisian empat kepala dinas telah sampai di meja Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Setelah panitia seleksi daerah (Panselda) menyetor rangking nilai hasil seleksi.

“Karena kami membutuhkan percepatan di program-program,” ujar Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko ketika ditemui Senin (20/10) siang. 

Bupati Sugiri Sancoko juga mengatakan tidak ingin terburu-buru memutuskan siapa calon pengisi jabatan kepala dinas kosong di empat organisasi perangkat daerah (OPD)

Diantaranya yakni Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinas Perhubungan (Dishub), serta Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) itu.

Sugiri bilang, setiap nama yang yang diajukan bakal ditimang-timang sebelum diputuskan kelak. Menurutnya dirinya mensyaratkan tinggi bagi calon pejabat Eselon II.

Tak sekedar pandai menjalankan tugas, tetapi juga harus tahu hukum, serta merampungkan pekerjaan hingga sodorkan bukti pekerjaan.

Namun dirinya ingin pemimpin yang dipilih nanti mampu menghasilkan efek positif setiap kegiatan yang dilakukan. 

“Misalnya untuk pencegahan stunting, harus ada pencapaian stunting dapat berapa, bagaimana caranya, tidak sekedar rapat, study banding, itu prinsipnya,” terangnya. 

Kepala OPD wajib peduli terhadap masyarakat terdampak. Jangka panjangnya, diharapkan mampu mengentaskan persoalan yang dihadapi warga.

Terkait peluang pelaksana tugas (Plt) pada masing-masing OPD, Kang Giri mengaku belum mengukur rinci hasil pekerjaan setiap pegawai yang ditunjuk tersebut. Menurutnya setiap peserta yang disodorkan ke mejanya memiliki peluang sama. (yd/ab)