Jelajah

Pembangunan Tribun Dan Relokasi PKL Ditargetkan Rampung Akhir November

Pemkab Ponorogo terus mempercantik obyek wisata telaga ngebel dengan berbagai inovasi yang dihadirkan, setelah sukses dengan Water fountain dan perahu naga wisata, kini mulai membangun tribun, dermaga dan juga relokasi pedagang kaki lima PKL.

Seperti disampaikan kepala dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga (disbudparpora) Yuda Slamet Sarwo Edi menargetkan, akhir November tiga pekerjaan tersebut selesai, adapun masing-masing mendapatkan alokasi dana sekitar 1 Miliar 9 juta untuk tribun, 1,3 Milyar untuk relokasi PKL dan 198 juta untuk dermaga.

“Ngebel itu tidak selesai hanya di situ, yang menyaksikan itu ya mau dimana, ini sudah dipikirkan dengan feasibility study kita, kemudian dari perencanaan kita, secara total ya” terangnya kepada gema surya Ahad (15/10).

Menurut yudha, Lokasi pembangunan tribun tepat didepan dermaga sehingga PKL yang selama ini berjualan di depan lapangan koramil dipindah. Nantinya tempat PKL tersebut di samping dibangun tribun akan ada taman bunga sehingga menjadi indah dipandang.

“jadi itu sekarang kan dermaga, dulunya dermaga, kerumunan orang ketika ada water fountain itu, ngumpulnya ya hanya di sekitar lapangan, tentunya untuk sebuah destinasi wisata kan harus kita pecah, supaya perekonomian itu bisa terdistribusi di area wisata tersebut” tambahnya.

Yudha menambahkan selain panggung hiburan pengunjung yang melihat air mancur menari di telaga juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni maupun musik. Karenanya di depan dermaga nanti akan steril kendaraan dimana akan dialihkan ke jalur belakang koramil.

“Kemudian jalan itu nanti ke depan, beloknya ke belakang koramil, jadi selatanya pas kecamatan ngebel itu, dari arah belok kiri melingkari lapangan itu” tambahnya.

Sementara dermaga akan dipindah di depan pesanggrahan ngebel, lebih lanjut dikatakan tahun depan pihaknya juga berencana membangun jembatan kaca, seperti di Kemuning Karanganyar Jawa Tengah.