Jelajah

Huntara Terdampak Tanah Gerak di Dusun Sumber, Desa Tumpuk, Sawoo dalam Waktu Dekat Akan Dibangun

Pasca pembukaan lahan dan penebangan tegakan di bakal lokasi huntara, warga terdampak tanah gerak di Dusun Sumber, Desa Tumpuk, Sawoo. Pembangunan hunian sementara (huntara) warga terdampak segara dilakukan. Jika tak ada halangan, dimulai November 2023.

Masun Kalaksa BPBD Ponorogo mengatakan, proses pemotongan 474 pohon dilakukan 9-14 Oktober lalu. Berdasarkan data, 62 kubik pohon dikumpulkan petugas menyusut dari semula 80 kubik.

Masun mengatakan, disinyalir kekurangan itu karena banyaknya sortiran yang dilakukan pada sisa-sisa pohon yang di sadap karetnya. Namun semua kayu tetap jadi haknya Perhutani.

Saat ini pihaknya tengah menanti pencairan anggaran belanja tidak terduga (BTT) yang diajukan beberapa waktu lalu, dimana pihaknya mengusulkan Rp3,1 miliar.

Selain guna pembangunan 42 huntara, anggaran tersebut rencananya bakal dialokasikan untuk pengerasan jalan, penyiapan lahan, serta sanitasi kawasan huntara.

Targetnya, bulan Desember 2023 seluruh pekerjaan tersebut rampung dilakukan. Bukan rumah permanen, nantinya hunian tersebut bakal menggunakan sejumlah bahan, seperti kalsibot hingga bata ringan. (yd/ab)