Jelajah

Paket Sembako Berupa Beras dan Migor GPM di Kecamatan Siman Ludes Dalam 2 Jam

Gerakan pangan murah (GPM) yang digelar Bulog bersama Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan, Senin (16/10) di halaman Kecamatan Siman diserbu pengunjung.

Ratusan orang rela mengantri demi membeli paket sembako berupa beras 10 kg dan minyak goreng 1 liter. Akibatnya beras 4 ton atau 400 paket sembako ludes diserbu pembeli dalam waktu dua jam.

Sumarno Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) mengatakan, gerakan pangan murah  dalam rangka menahan inflasi daerah khususnya beras yang harganya naik.

Sumarno bilang, pihaknya bekerja sama dengan Bulog, dimana menyediakan  paket sembako berisikan beras 10 kg dan minyak goreng 1 liter yang dijual dengan harga Rp115 ribu saja, atau setiap satu kilogram beras hanya dijual dengan harga Rp 10.200 saja.

Harga itu jauh dibawah harga pasaran yakni antara Rp12 ribu hingga Rp13 ribu per kilogramnya. Rencananya operasi pasar dengan menggandeng Bulog akan terus dilakukan di sejumlah lokasi.

Sementara Yanawati, salah satu warga yang turut membeli sembako mengaku senang meskipun setiap orang hanya dibatasi membeli dua kantong beras atau berisi 10 kg, ia bilang sangat terbantu dengan adanya operasi pasar ini.

Sebab harga beras di pasar terus alami kenaikan hingga mengakibatkan warga menengah kebawah kesulitan membeli beras. (yd/rl/ab)