Jelajah

Antisipasi Kebakaran, TPA Mrican dan Polsek Jenangan Lakukan Sosialisasi

Maraknya catatan kebakaran di Ponorogo membuat Polsek Jenangan dan Pengelola Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mrican sigap lakukan pencegahan. Banyaknya gunungan sampah di TPA Mrican beresiko tinggi terjadi kebakaran di musim kemarau ini. Oleh karena itu dibutuhkan kewaspadaan tinggi bagi pengelola, pekerja atau bahkan pemulung yang setiap hari berada di lokasi TPA. Salah satu bentuk antisipasinya adalah dengan rutin melakukan patroli lokasi TPA.

Kepala UPT TPA Mrican Abri Susilo menjelaskan, giat tersebut berawal dari kunjungan Polsek Jenangan yang dilanjutkan dengan giat sosialisasi. Pihaknya bekerja sama dengan lintas sektor dan dihadiri oleh pengelola serta para pemulung.

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan resiko kebakaran di TPA. Selain itu, jika terjadi kebakaran juga harus bisa mengatasinya. Patroli rutin pun dinilai menjadi kunci agar ketika ada asap mencurigakan bisa segera tahu.

Menurutnyam Sampah mengandung banyak gas metan, sehingga saat musim panas bisa jadi mudah terbakar. Gas metan ini bisa dijadikan gas LPG untuk memasak juga.

Masih Kata Abri, langkah nyata pasca sosialisasi tersebut, pihaknya akan rutin melakukan patroli secara periodik misal tiap satu jam sekali. Sementara dampak buruk jika ada kebakaran sampah di TPA adalah asapnya yang bisa mengganggu pernapasan.