Jelajah

The Breast Cancer Awareness Month, R3 Ponorogo Edukasi Cegah Kanker Payudara

The Breast Cancer Awareness Month atau bulan kesadaran kanker payudara diperingati Reog Reach to Recovery (R3) Ponorogo dengan berbagai kegiatan.

The Breast Cancer Awareness Month yang diperingati setiap Oktober tersebut diharapkan bisa menjadi kampanye kesehatan international terutama meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kanker payudara.

dr. Mutia Sinta Sp.S, Ketua R3 Ponorogo mengatakan, masih banyak orang yang divonis kanker memilih pengobatan alternatif. Karenanya melalui kegiatan R3 memperingati the breast cancer awareness month tersebut pihaknya mengedukasi, mensosialisasikan, agar seseorang yang divonis kanker segera berobat medis.

“Betapa syoknya orang kalau mendapatkan diagnosa kanker, karena itu dibentuknya grup ini kami tujuan utamanya adalah menyemangati dan mensupport,” ungkapnya.

Pengobatan medis memiliki standar penanganan dan obat-obatan yang telah diuji selama bertahun-tahun. Buktinya para penyintas kanker yang bergabung di R3, setelah menjalani pengobatan maupun terapi medis, bisa hidup puluhan tahun dengan kondisi sehat dan bisa mengerjakan aktivitasnya tanpa gangguan kesehatan.

Bagi para wanita bisa mencegah kanker payudara dengan memeriksa payudara sendiri, lantaran untuk stadium awal tidak ada gejala sama sekali.

“Gejala-gejala kanker kemudian mendapatkan penangan tepat, dengan memberikan contoh, bahwa kami anggota-anggota R3 telah melewati itu dengan sangat baik,” tambahnya. 

Lebih lanjut dr. Mutia menjelaskan, dalam kegiatan The Breast Cancer Awareness Month bulan ini, pihaknya juga menjenguk para penderita kanker yang saat ini masih dalam proses pengobatan dan penyembuhan.

Anggota R3 Ponorogo sekitar 40-an orang, dimana komunitas tersebut didirikan sejak Februari 2017. Sejauh ini masih beranggotakan wanita yang setiap bulannya mengagendakan pertemuan tatap muka untuk saling berbagi, memotivasi, dan memberikan support.

Motivasi hidup mereka, kanker bukan pilihan tapi kanker adalah anugrah terindah untuk menjalani hidup lebih baik lagi. (rl/ab)