Jelajah

Cuaca Terik Diatas 30 Derajat Akan Terus Terjadi Hingga Pertengahan November

Warga Ponorogo masih harus merasakan cuaca panas diatas 30 derajat celcius hingga beberapa pekan ke depan. Ini setelah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan baru akan turun pada  November nanti.

“Sebagian wilayah Ponorogo yang bagian timur, wilayah Pudak, Sooko, Pulung itu diperkirakan kemarau sampai minggu kedua November, mungkin minggu ketiga akan hujan tapi belum continue,” kata Masun Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Ponorogo

Hasil rapat koordinasi (rakor) perkiraan musim hujan yang dilakukan BMKG dengan kabupaten/kota Indonesia, awal musim penghujan secara umum terjadi November mendatang. Tapi kondisi tersebut berbeda disetiap wilayah.

Kondisi tersebut tak lepas dari fenomena El-Nino yang terus berubah-ubah. Hingga bila diukur panjang kemarau tahun ini capai 10-12 dasarian alias 4 bulan.

Mantan Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispertahankan) itu mengungkapkan, kemarau panjang kali ini mengulang kondisi seperti 2019 silam. Meski tak separah tahun itu namun panas terik mulai dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Mulai penurunan jumlah debit air, kekeringan hingga peningkatan suhu udara. Pada siang hari contohnya, tak jarang temperatur udara lebih 30 derajat. (yd/rl/ab)