Jelajah

Ditinggal ke Masjid, Dapur Milik Warga Ngunut Terbakar, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

Kebakaran yang menimpa sebuah dapur kembali terjadi, kali ini di Jl.Poncosiwalan RT03 RW02 Desa Ngunut Kecamatan Babadan Ponorogo. Dapur Tersebut milik Suroto warga setempat, yang saat itu sedang mengikuti acara di Masjid lingkunganya. 

Seperti disampaikan Siti Khadijah Kepada Desa Ngunut, Kebakaran terjadi Jumat malam (06/10) sekira ba’da maghrib. Api pertama kali diketahui oleh tetangga yang saat itu lewat sekitar rumah dan mencium bau menyengat. 

“Kebetulan tadi malam itu ada kegiatan maulid Nabi di masjid, jadi sekeluarga pergi ke masjid, tetangganya yang tahu, bahwa kok ada bau sangit, dan asap” terangnya kepada gema surya Sabtu (07/10).

Setelah itu mencoba mengecek ke rumah korban dan didapati bau tersebut berasal dari dapur. Mengetahui hal tersebut tetangga korban yang mengetahui tersebut, lantas bergegas mengabari pemilik rumah.

Mengetahui ada kebakaran warga yang lain bergegas memadamkan api dengan alat seadanya, juga melapor ke damkar untuk pemadaman. 

“Warga kompak menyiram air (di dapur yang terbakar) sambil menunggu damkar datang, dan Alhamdulillah api bisa dipadamkan” tambahnya. 

Dua unit mobil damkar diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api, supaya tidak merembet, selang 30 menit kemudian api baru bisa dipadamkan. Dugaan awal api berasal dari korsleting listrik, sedangkan luas dapur yang terbakar sekitar 6×8 meter, dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp.50.000.000 karena selain bangunan dapur, perangkat elektronik seperti kulkas juga ikut terbakar.