Jelajah

SK Pemberhentian 2 Kepala Desa yang Nyaleg di Pemilu 2024 Sudah Turun

SK pemberhentian 2 kepala desa di Ponorogo sudah turun, yakni Kades Glinggang, Sampung dan Desa Bekare Bungkal. Dua kepala desa itu telah mengajukan surat pengunduran diri, menyusul maju dalam pemilihan legislatif dalam pemilu 2024.

Toni Sumarsono Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Ponorogo mengatakan, 2 kades yang maju nyaleg itu yakni Kades Glinggang Kecamatan Sampung, Rianto dan Kades Bekare Kecamatan Bungkal Suwandi.

Untuk dua kades itu, permohonan sudah dua bulan lalu dan Surat Keputusan (SK) pemberhentiannya sudah ditanda tangani Bupati Sugiri Sancoko tanggal 25 September.

Toni mengungkapkan, Pj pengganti Kades Glinggang dan Bekare digantikan oleh dua pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) ditingkat kecamatan, yakni Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sampung Paras Paravirodhena sebagai Pj Kades Glinggang dan Kasi Trantib Kecamatan Bungkal Rosid sebagai Pj Kades Bekare.

Menurutnya Pk pengganti kades sudah dilantik sejak tanggal 27 September di kecamatan. Apakah nanti pemilihan kepala desa antar waktu (KDAW) akan dilakukan atau tidak.

Pihaknya masih melakukan kajian pasalnya kementerian dalam negeri melakukan moratorium tidak boleh ada pemilihan kepala desa. Sedangkan sisa jabatan kades lebih dari satu tahun berdasarkan aturan memang KDAW.