Jelajah

Dalam Sehari Ada Dua Titik Kebakaran Hutan di Balong

Kasus kebakaran hutan (Karhutla) terjadi di Desa Pandak dan Desa Ngendut, Kecamatan Balong, Ponorogo, Selasa (26/9) jam 14.00 WIB. Luasan lahan yang dilalap si jago merah sekitar 2,5 hektar. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada kerugian karena hanya selasah kering yang terbakar. Namun jika tidak segera diatasi, api bisa merembet.

“Segera kami lakukan pemadaman agar tidak meluas, karena jarak 1 km itu sudah ada permukiman penduduk,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo,  Agung Prasetyo.

Dia menambahkan, untuk Desa Ngendut ada sekitar 1,5 hektar lahan yang terbakar dan untuk Desa Pandak 1 hektar. Sementara jenis tanaman yang terbakar yakni alba dan rimba campur.

Sejauh ini pihaknya belum mengetahui pasti penyebab kebaran di kedua tempat tersebut, namun diperkirakan ada orang yang membakar sampah di sekitar hutan tetapi tidak ditungguin.

Sebenarnya pihaknya terus sosialisasi kepada warga yang ada di kawasan hutan, salah satunya tidak melakukan pembakaran lahan, meskipu selama ini kerugian tidak begitu besar, namun karhutla juga mengancam ekosistem yang ada di hutan

“Bisa jadi banyak hewan liar yang mati karena kebakaran,” katanya